10 Sebab untuk bisa Mencintai Allah subhanahu wa ta’ala

  1. Membaca ayat-ayat Al Quran, merenungi dan memahami makna-maknanya dan segala hal yang diinginkan dalam ayat tersebut.
  2. Mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala dengan mengerjakan amalan-amalan sunnah, setelah melakukan amalan yang wajib.
  3. Terus-menerus berdzikir mengingat Allah subhanahu wa ta’ala dalam setiap keadaan, baik dengan lisan, hati ataupun amalan.
  4. Mendahulukan segala hal yang dicintai oleh Allah subhanahu wa ta’ala di atas apa-apa yang dicintai oleh manusia, tatkala dua hal ini bertentangan.
  5. Merenungi nama dan sifat Allah subhanahu wa ta’ala dan segala macam yang menunjukkan atas hal tersebut, berupa kesempurnaan dan keagungan Allah subhanahu wa ta’ala, serta pengaruh-pengaruh yang baik sebagai konsekuensi dari nama dan sifat tersebut.
  6. Merenungi nikmat-nikmat Allah subhanahu wa ta’ala, baik yang nampak maupun yang tidak nampak, serta meyakini kebaikan, kasih sayang dan kemurahan Allah subhanahu wa ta’ala kepada para hamba-Nya.
  7. Luluhnya hati ketika bersimpuh di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala dan senatiasan merasa butuh kepada-Nya tabaaraka wa ta’ala.
  8. Menyendiri bersama Allah subhanahu wa ta’ala ketika Allah subhanahu wa ta’ala turun ke langit dunia, yaitu pada saat sepertiga malam yang terakhir. Membaca Al Quran pada waktu tersebut, kemudian mengakhiri malam tersebut dengan istighfar dan taubat kepada Allah subhanahu wa ta’ala.
  9. Duduk-duduk bersama orang-orang sholeh, orang-orang yang mencintai Allah subhanahu wa ta’ala, dan benyak mengambil faidah dari perkataan-perkataan mereka.
  10. Menjauhi segala macam hal-hal yang akan mengahalangi hati untuk mengingat Allah subhanahu wa ta’ala, yaitu berupa kesibukan-kesibukan duniawi.

Al ‘Allamah Ibnu Qayyim Al Jauziyah rahimahullahu ta’ala dalam kitab beliau Madarijus Salikin, dinukil oleh Asy Syaikh Sholeh bin Fauzan Al Fauzan hafidzohullahu dalam kitab Al Irsyad hal. 79-80, Cetakan Maktabah Darul Minhaj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s